Pages

Selasa, 05 Mei 2015

Sosok


Dr Soetomo, Pendiri Boedi Oetomo













Dr. Soetomo yang memiliki nama kecil Subroto, lahir di desa Ngepeh, Loceret, Nganjuk, Jawa Timur. Merupakan tokoh dalam berdirinya organisasi Boedi Oetomo. Beliau menempuh pendidikan di STOVIA (School tot Opleiding van Inlandsche Artsen), Batavia.-Sekolah dokter untuk anak-anak pribumi Hindia Belanda 1903-1911). Pada tahun 1919 sampai 1923, Soetomo melanjutkan studi kedokteran di Belanda.

Pada tahun 1924, sekembalinya ke tanah air beliau mendirikan Indonesische Studie Club (ISC) yang merupakan wadah bagi kaum terpelajar Indonesia. ISC berhasil mendirikan sekolah tenun, bank kredit, koperasi, dan sebagainya. Pada tahun 1931 ISC berganti nama menjadi Persatuan Bangsa Indonesia (PBI). Di bawah pimpinan dr Soetomo, PBI berkembang pesat.

Beliau juga melihat kelemahan yang ada pada Boedi Oetomo. Waktu itu sudah banyak berdiri partai politik. Karena itu, ia ikut giat mengusahakan agar Budi Utomo bergerak di bidang politik dan keanggotaannya terbuka buat seluruh rakyat.

Selain bergerak di bidang politik dan kedokteran, dr Sutomo juga aktif di bidang kewartawanan. Ia bahkan memimpin beberapa buah surat kabar. Dalam usia 50 tahun, ia meninggal dunia di Surabaya pada tanggal 30 Mei 1938.


Ditulis oleh : Yuni Yusnia
diramu dari berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar